Kamis, 27 Januari 2011

Proposal Usaha

PROPOSAL USAHA
CV Usaha Baru







Bpk. Supriyadi
Bengkel Las Bubut




Jl. Deandeles Drajat, paciran Lamongan Jawa timur
(031) 394 - 8109









Ringkasan Proyek

A. MANAJEMEN
§  Nama Perusahaan                                : CV Usaha Baru
§  Nama Pemilik/Pimpinan Perusahaan   : Supriyadi
§  Bidang Usaha                                                  : Bengkel Las Bubut, Peralatan Nelayan, Mesin                                                                                                                                             Gilingan Batu
§  Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja         : ±20 Orang

B. PEMASARAN
§  Produk yang Dipasarkan                      : Gilingan Batu, Alat-alat Nelayan, Gardan Mobil, dan Service
§  Sasaran Konsumen/Pembeli                : Pengusaha Gilingan Pupuk, Nelayan, dll
§  Wilayah Pemasaran                             : Gresik, lamongan, Surabaya, Probolinggo, Madura, Aceh, Kalimantan.
§  Penetapan Harga Jual                           : Rp. 1.000.000 Keatas ( harga Bervariasi)

C. PRODUKSI/OPERASI
§  Ketersediaan Bahan Baku                  : Logam, Baja, Stenlise, Besi, Kuningan.
§  Fasilitas/Sarana Produksi                     : Mesin bubut, Las Listrik, Grenda, Bor, Graji Mesin, Blender Besi, Skatemate, Timbangan, Tabung Gas, dll.
§  Dampak Lingkungan                           : suara Keras.
§   
§  D. KEUANGAN
§  Total Pembiayaan Proyek                        : Rp. 100.000.000
§  Modal Sendiri                                                      : Rp. 100.000.000
§  Penjualan per-Tahun (Rp)                        : Rp. 1 Milyar
§  Keuntungan per-Tahun (Rp)                   : Rp. 800.000.000


I.                   Latar Belakang
1.1. Dasar Gagasan Usaha
1.1.1. Prospek Pasar
Usaha ini didirikan atas dasar kebutuhan masayarakat pada saat itu yang membutuhkan jasa dalam hal pembuatan mesin giling maupun service alat nelayan, karena didaerah tersebut banyak sekali terdapat pabrik-pabrik pembuat pupuk yang berdahan dasar batuan kapur, dan juga daerah tersebut dekat dengan daerah pantai, yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Di daerah tersebut juga belum ada sebuah bengkel las bubut maupun service alat nelayan. Maka dengan melihat peluang ini saya mencoba mendirikan sebuah bengkel yang bisa dijangkau masyarakat sekitar, dan mereka tidak perlu jauh-jauh lagi kekota untuk memesan mesin giling maupun melakukan service terhadap mesin mereka yang rusak. Usaha ini memiliki prospek pasar yang cukup bagus jika dilihat dari peluang yang ada. Maka dari sini saya mendirikan subah bengkel yang mampu dijangkau oleh masyarakat di pedesaan. 
1.1.2.      Manfaat Ekonomi
            Dengan mendirikan bengkel ini dapat mengurangi angka pengangguran didaerah tersebut, selain itu juga harga yang ditawarkan dapat terjangkau oleh masyarakat. Dengan mutu dan kualitas terbaik kami mencoba untuk memuakan pelanggan/customer.
1.1.3.      Manfaat Sosial
Seperti yang telah diuraikan dalam manfaat ekonomi diatas, kita bisa memperkerjakan masyarakat sekitar, dari sini kita bisa membantu meringankan beban masyarakat. Dan juga kita dapat membangun kerja sama dengan masyarakat sekitar dalam hal keamanan.

1.2. Daftar Riwayat Hidup Pengelola
1. Nama                                               : Bpk. Supriyadi
2. Tempat tgl lahir                                : Gresik,
3. Agama                                              : Islam
4. Alamat Rumah                                : Jl. Sumbawa, Wadeng Ujungpangkah Sidayu Gresik
 5. Alamat Tempat Usaha                              : Jl. Deandeles Drajat, paciran Lamongan Jawa timur
6. Pendidikan Terakhir                         : SMA Sederajat
8. Pengalaman                                     : Karyawan bengkel di Surabaya
9. Keterampilan                                   : Merancang Mesin Giling Batu
10. Bakat/Hobi                                    : - Bakat Memberikan Motivasi tentang pekerjaan
                                                              - kedisiplinan
                                                             - Hobi suka Pijat.
2. Aspek Pemasaran

2.1. Gambaran Umum Pasar
       1.   Jenis produk yang dipasarkan adalah Gilingan Batu, Alat-alat Nelayan, Gardan Mobil, dan Service

2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Gresik, Lamongan, Surabaya, Probolinggo, Madura, Aceh, Kalimantan.

2.2. Permintaan
3.2.1. Jumlah Permintaan Terhadap Produk
a. Sasaran Pembeli (konsumen)
Di bengkel ini sasaran pembeli (konsumen) adalah semua orang yang membutuhkan jasa kami, tapi yang terutama disini adalah para orang pemilik pabrik-pabrik pupuk dan para nelayan.
b. Jumlah konsumen
saat ini jumlah konsumen yang telah membutuhkan jasa kami adalah ±100 orang.
c. Jumlah kebutuhan
pada mulanya jumlah permintaan terhadap produk ini belum begitu meningkat. Tetapi seiring berjalannya waktu jumlah kebutuhan terhadap produk kami terus meningkat.
Strategi Pemasaran Pesaing
Uraikan strategi Pemasaran yang dilakukan pesaing Anda, meliputi :
a.       Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll)
Produk yang ditawarkan oleh pesaing adalah berbeda dengan yang yang kami tawarkan. Rata-rata pesaing kami itu hasil produknya kurang bagus seperti gampang rusak. Dan tidak tahan lama.
b.      Harga
Harga yang ditawarkan lebih mahal dari pada yang kami tawarkan. Selain itu syarat pembayar pada pesaing harus mengunakan uang cash, tidak boleh kredit. Dan tidak ada potongan bagi tiap penjualan unit barang.
c.       Promosi
Promosi yang dilakukan oleh pesaing kami ialah hanya dari mulut kemulut saja.
2.6. Strategi Pemasaran Perusahaan
Uraikan strategi Pemasaran yang akan Anda lakukan
a.       Produk
Barang yang kami produksi maupun service yang kami lakukan harus mempunyai mutu yang bagus maupun kualitas. Karena itulah visi dan misi kami membangun bengkel ini. Dengan demikian maka bengkel kami akan terus mendapat kepercayaan dari masyarakat.

b.      Harga (harga satuan, syarat pembayaran, potongan, dll)
Harga yang kami tawarkan dalam bengkel kami sangat terjangkau dan harga yang kami berikan sesuai dengan barang yang kami kerjakan. Tidak ada syarat pembayaran dibengkel kami, kami juga memberikan cicilan atau  kredit dalam pembayaran. Dalam pemesanan barang yang berjumlah lebih dari 5 unit item kami memberikan potongan. Dan juga gretis ongkos kirim.
c.       Promosi
Promosi yang kami lakukan dengan penyebaran brosur dan juga dari mulut kemulut.
Analisa SWOT
a.       komponen atau fungsi : segmen pasar/ konsumen


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar